Selasa, 29 Desember 2015

Contoh Essay dan Format Penulisan Essay untuk Tugas Bahasa Indonesia Ataupun Lomba dsb

font: Times New Roman No.12
Margin : atas-bawah-kiri-kanan=4-3-3-2.5
kritik dan saran silahkan ketik pada kolom komentar, komentar yang bersifat membangun di butuhkan karena saya juga masih dalam tahap belajar.
_________________________________________________________________________________

Kontribusiku bagi Indonesia
Kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat / lembaga / instansi / profesi komunitas saya

oleh: Dimas Arief Wicaksono 

            Saya adalah orang yang mempunyai antusias yang sangat tinggi. Saya selalu bersemangat mengikuti kegiatan yang menurut saya bermanfaat. Hal ini di buktikan dengan keaktifan saya di beberapa organisasi yang cukup tinggi. Jiwa antusias yang saya miliki membuat saaya selalu semangat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan. Menurut saya kegiatan bermanfaat yang melibatkan tim itu sangat menyenangkan dan menantang.
            Kontribusi saya yang berhubungan dengan orang banyak saya mulai ketika saya duduk di sekolah menengah pertama. Saat saya duduk di sekolah menengah pertama saya sudah menjadi wakil ketua OSIS. Saya menjalani semua kegiatan dengan penuh semangat. Teman-teman mempercayai kinerja saya sebagai anggota OSIS.  Selama tiga tahun saya tetap menduduki posisi sebagai wakil ketua OSIS.
            Banyak kegiatan yang saya ikuti ketika saya duduk di sekolah menengah pertama. Saya cukup bangga dengan kegiatan berupa lomba. Bagi saya lomba lomba yang saya ikuti bisa menumbuhkan motivasi bagi teman-teman saya dan mengharumkan nama sekolah. Beberapa lomba yang saya ikuti adalah lomba cerdas cermat, lomba nasyid, dan lomba gerak jalan yang kemudian semuanya berhasil meraih peringkat pertama meskipun hanya tingkat kecamatan.
            Saya tetap aktif menjalankan kegiatan OSIS hingga sekolah menengah atas. Saya aktif di berbagai kegiatan OSIS. Saya ikut studi banding ke salah satu sekolah yang dinilai cukup baik untuk di pelajari dan di terapkan beberapa program yang di nilai baik. Kegiatan lain yang saya lakukan yaitu bersama anggota OSIS yang lain membangun Green House di sekolah. Green House adalah sebuah ruangan terbuka yang berisi berbagai tumbuhan yang menghasilkan.
            Saya melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran salah satu  perguruan tinggi swasta di Pekanbaru. Saya berasal dari keluarga yang mayoritas bekerja di bidang kesehatan. Hal ini memotivasi saya untuk mengambil jurusan kesehatan. Selain itu, jiwa antusias dan jiwa sosial saya yang tinggi turut mendorong saya mengambil jurusan tersebut.
            Kontribusi saya di perguruan tinggi di mulai saat saya mengikuti kegiatan himpunan mahasiswa kedokteran. Meskipun belum tergabung dalam keanggotaan himpunan mahasiswa, saya terbilang aktif dalam kegiatan himpunan tersebut. Salah satu kegiatan yang menurut saya paling berguna adalah ikut serta melakukan kegiatan di stand kedokteran pada acara car-free day setiap minggunya. Kegiatan yang di lakukan adalah cek tekanan darah, cek gula darah, cek kolesterol. Kegiatan-kegiatan tersebut sangat terasa manfaatnya terutama dalam pamahaman perkuliahan dan praktek. Terbukti dari IPK terakhir yang memuaskan yaitu 3,54.
            Kontribusi besar lain yang telah saya lakukan adalah turut serta menjadi panitia seminar nasional tentang  Obstetri dan Ginekologi. Kerja keras dan jiwa antusias yang saya miliki membuat saya dipercaya untuk menjadi anggota kepanitiaan sebagai seksi acara. Kerja sama yang baik membuat acara berjalan nyaris sempurna. Seminar nasional ini saya jadikan sebuah pelajaran awal dalam menjalani tugas dengan tanggung jawab yang cukup besar.
            Salah satu organisasi yang saya ikuti  adalah IPPMR atau Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Reteh. Kontribusi yang saya lakukan adalah aktif mengikuti kegiatan IPPMR. Program kerja yang telah di laksanakan IPPMR adalah penyuluhan tentang perguruan tinggi di sekolah-sekolah  Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Program kerja IPPMR yang lain adalah mengadakan bimbingan belajar gratis bagi tamatan SMA Reteh yang akan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi. Kemudian beberapa program kecil lainnya seperti mengadakan pertandingan futsal, buka bersama di bulan Ramadhan dan kegiatan menjaga kebersihan lingkungan.
            Saat ini saya sedang menjalani kuliah di jurusan Teknik Sipil Universitas Riau. Saya sudah berhenti dari perguruan tinggi sebelumnya karena masalah finansial. Teknik Sipil adalah salah satu pilihan saya karena saya juga pernah bercita-cita bekerja di proyek pembangunan dan ditambah lagi saya suka bekerja dalam tim.
            Kontribusi yang saya lakukan pada tahap permulaan ini adalah belajar dengan giat. Teknik sipil adalah jurusan dengan tanggung jawab yang besar sehingga di butuhkan keahlian yang tinggi. Dibutuhkan usaha ekstra agar mengerti dan bisa mengikuti pelajaran yang berkenaan dengan orang banyak ini. Dengan giat dan tekun dalam belajar saya yakin bisa mengikuti kuliah dengan lancar.
            Kontribusi yang ingin saya lakukan adalah melakukan kegiatan  yang bermanfaat bagi saya sendiri dan orang lain. Selama kegiatan yang saya lakukan tidak mengganggu perkuliahan dan bersifat baik maka akan saya ikuti. Kegiatan yang saya sukai adalah kegiatan yang berhubungan dengan jurusan saya saat ini. Kegiatan yang berkaitan dengan jurusan akan mempermudah pemahaman dalam perkuliahan.

            Ke depannya saya sangat merencanakan karir saya dalam bidang ilmu sipil. Saya cenderung ingin bekerja di lapangan daripada bekerja di ruangan kantor. Saya ingin kembali ke daerah asal saya di  Kecamatan Reteh yang pembangunannya masih sangat minim. Saya ingin berkontribusi dalam membangun infrastruktur daerah asal saya yang kebanyakan dipegang oleh kontraktor yang bukan sarjana sipil. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar